Diskusi “Koruptor Kok Nyaleg” Bersama Jawa Coruption Watch Dan Elemen Masyarakat

57 Views

YALPK | Surabaya – Kegiatan diskusi publik tentang ” Hari Anti Korupsi Sedunia ” yang di adakan di Ketintang barat baru ll Surabaya.Kegiatan Diskusi ryang di adakan oleh Jawa Corruption Watch (JCW ) pada Rabu ( 5/12 ) dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat diantaranya mahasiswa dari Universitas Bhayangkara, praktisi hukum, serta masyarakat biasa.

Diskusi yang dihadiri Nara sumber Anggota KPU Mohamad Arbayanto dan Mohamad Amin ketua Bawaslu Jawa timur dalam hal diskusi “Koruptor kok nyaleg”. Dalam hal ini ketua KPU mendapatkan kesempatan pertama untuk memaparkan aturan hukum yang ada untuk caleg yang ex koruptor.

Dalam hal ini semua udah diatur dalam PKPU no 20 tahun 2018 dan juga aturan PKPU no.14 tahun 2018.” Ungkap Arbayanto
KPU hanya menjalankan regulasi aturan yang telah ditetapkan oleh Negara jadi untuk melarang Koruptor untuk nyaleg bukan kewenangan kami.” Ujar Arbayanto.

Jawa timur masih terbaik dalam filterisasi calon anggota dewan terbukti dari 38 kabupaten kota hanya 1 kabupaten yang ada calon anggota dewan yang pernah tercatat melakukan tindak pidana Korupsi.” Ungkap ketua Bawaslu
Dalam hal ini Bawaslu berharap peran serta masyarakat semua untuk lebih bisa memilih dan memilah ketika menentukan calonnya untuk pemilu mendatang.

Dalam kegiatan diskusi ini KPU dan Bawaslu berharap kegiatan Diskusi ini terus di jalankan oleh temen – temen mahasiswa dan juga organisasi anti korupsi agar masyarakat elemen bawah bisa mengerti dan memahami arti pentingnya memilih calon anggota dewan.(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CommentLuv badge